450 Napi Lapas Banyuwangi Terima Remisi, 9 Napi Langsung Bebas

Banyuwangi Radarbesuki.com – Di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73, ratusan napi penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banyuwangi menerima remisi.

Remisi tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko usai pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT RI Ke 73 di lapangan Lapas Kelas II B Banyuwangi, Jum’at (17/08/2018).

Dalam keterangannya, Wabup Yusuf mengatakan remisi ini diberikan kepada warga binaan yang berperilaku baik, dan disiplin selama menjalani hukuman didalam Lapas. Pada remisi kali ini ada juga sejumlah napi yang langsung bebas hari ini.

“Saya harap para warga binaan yang bebas bisa berkomunikasi kembali dengan masyarakat, berinteraksi dengan baik, sehingga bisa menjalankan kesehariannya dengan masyarakat,” ucap Wabup Yusuf.

Ditemui terpisah, Kepala Lapas Kelas II B Banyuwangi, Ketut Akbar Herry Achjar mengungkapkan, terkait remisi memang kemarin pihaknya mengusulkan, dan hari ini diumumkan untuk Remisi Umum (RU) Hari Proklamasi RI Ke 73 Tahun 2018 total sebanyak 459 napi.

“Untuk RU-I ada 450 napi, dan 9 napi RU-II atau remisi langsung bebas hari ini,” ungkap Akbar.

Akbar menambahkan, untuk remisi terbanyak tergantung dari lama masa hukumannya, semakin lama masa hukuman akan semakin banyak remisinya.

Berdasarkan data yang ada, rincian remisi napi Lapas Kelas II B Banyuwangi tahun 2018 yaitu, untuk napi kasus Pidana Umum (Pidum) RU-I 384 orang dan RU-II ada 6 orang. Sedangkan untuk Pidana Khusus RU-I sebanyak 66 orang dan RU-II 3 orang.

@dony

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *