Gelombang besar setinggi 6 meter terjang pantai selatan Yogya

Jogyakarta, Radar  Besuki  –  Gelombang ombak besar menerjang Pantai Selatan DIY sejak beberapa hari belakangan. Salah satu pantai yang mengalami kerusakan adalah Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo. Sejumlah tambak udang di Pantai Glagah jebol karena dihantam gelombang besar. Selain itu gelombang juga merusak kolam ikan dan kios yang berada di Pantai Glagah.

Anggota Tim SAR V Pantai Glagah, Kulonprogo, Edo Kuragawa mencatat, dua tambak udang jebol akibat terjangan gelombang. Selain itu ada sebuah bangunan warung di selatan laguna yang roboh.

“Ada juga kolam ikan mini yang jebol. Kemudian di sisi barat, jalan cor blok yang untuk labuhan juga ambrol,” ujar Edo, Jumat (20/072018).

Seorang pemilik warung, Ratmi menuturkan, gelombang ombak besar terjadi sejak beberapa hari. Gelombang biasa tinggi saat subuh dan agak mereda pada pagi hari. Tetapi saat siang hari gelombang ombak kembali membesar.

“Tinggi ombaknya. Lebih tinggi dari hari biasanya. Sekitar enam meter sepertinya,” ungkap Ratmi.

Ratmi menambahkan dirinya dan beberapa pedagang lainnya pun memilih untuk mengemasi barang dagangan. Ratmi mengaku baru akan berjualan kembali saat gelombang sudah kembali normal.

Sementara itu Tim SAR yang berjaga terus melakukan pemantauan terhadap tingginya gelombang. Selain itu Tim SAR juga melarang para wisatawan untuk bermain air di Pantai Glagah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *