Deportasi : 73 TKI yang Bermasalah di Malaysia Tiba di Tanah Air

SEMARANG –  Sebanyak 73 TKI asal Jawa Tengah yang sempat bermasalah di Malaysia akhirnya tiba di Tanah Air. Mereka sebelumnya ditahan Imigrasi Malaka, Malaysia karena bermasalah terkait penempatan kerja.

Saat tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang, Sabtu, 31 Maret 2018, para TKI asal Klaten, Purworejo, dan Kebumen itu tampak ceria dan lega. “Alhamdulilah akhirnya bisa pulang,” kata salah satu TKI yang buru-buru memasuki mobil untuk dibawa ke kantor BP3TKI Semarang.

Sementara itu, Kepala Seksi perlindungan dan pemberdayaan BP3TKI Jawa Tengah, Rodhi mengaku kesulitan membawa pulang para TKI tersebut. Hal itu adanya proses negosiasi dan harus mengikuti proses persidangan di Imigrasi Malaka.

“TKI ini memang ditahan di imigrasi Malaka Malaysia hampir dua bulan. Hari ini sudah dipulangkan semua. Kenapa lama ditahan, mereka ditahan sebagai saksi atas penempatan TKI yang sesuai visa tertulis di Slangor tapi malah di Malaka oleh penyalur,” ucapnya.

Rodhi menjelaskan seluruh TKI meminta pulang ke Indonesia meski surat-suratnya lengkap. Mereka khawatir, lantaran kontrak hampir habis. “23 orang yang dianggap surat-suratnya sesuai juga ikut pulang,” kata Rodhi.

Deketahui parak TKI itu ditahan petugas imigrasi di Malaka, Malaysia sejak 15 Januari 2018. Mereka ditahan lantaran melanggar penempatan kerja. Dari TKI sebanyak itu, 37 orang di antaranya berasal dari Purworejo, 36 TKI dari Kebumen dan seorang TKI lagi dari Klaten.

@budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *