Dengan Sosialisasi, Kadisdik Berharap Pelaksanaan UN dan USBN di Sumenep Maksimal

Radarbesuki.com // SUMENEP – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SMP, MTs, Paket B dan Paket C tahun pelajaran 2017/2018, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep berikan sosialisasi, Rabu (21/03/2018) bertempat di Gedung Ki Hajar Dewantara.

Kepala Disdik Sumenep A. Shadik menjelaskan, bahwasanya kegiatan sosialisasi pelaksanaan UN dan USBN bertujuan supaya lembaga mepersiapkan segala sesuatu yang berkenaan dengan kesuksesan ujian tersebut.

Karena diakui bersama secara geografis Kabupaten Sumenep yang memiliki banyak kepulauan, sehingga memerlukan perhatian tersendiri.

“Lebih-lebih tahun ini sejumlah sekolah di Sumenep masih ada yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP),” ungkap Shadik.

Sebab demikian, dengan diberikannya sosialisasi dan pemahaman kepada pihak sekolah pihaknya berharap bisa menyamakan persepsi. Terutama bagi pengelola lembaga pendidikan yang di daerah kepulauan.

“Karena di kepulauan itu membutuhkan waktu dan penanganan khusus untuk distribusi dan pengembalian lembar Ujian Nasional,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Shadik menegaskan supaya lembaga penyelenggara UN dan USBN betul-betul objektif. Pihaknya sangat berharap supaya tidak sampai terdengar ada kebocoran soal dan kecurangan lainnya. Sehingga standar kualitas pendidikan di Sumenep terukur, baik dari segi kuantitas dan lebih-lebih masalah kualitas.

“Salah satunya berkaitan dengan Surat Keputusan (SK) penyelenggaraan satuan pendidikan yang wajib ditetapkan Kepala Dinas Pendidikan, termasuk SK Panitia Ujian Nasional, dan lembaga juga harus membuat pakta integritas sesuai prosedur yang ada,” pungkasnya.

@ Rosi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *