Warga Gersik Putih Menolak Reklamasi Pantai

Radarbesuki.com // SUMENEP – Tolak Reklamasi yang dilakukan pengusaha lokal untuk bangun tambak, warga Desa Gersik Putih, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur gelar aksi. Selasa (20/3/2018).

Aksi penolakan tersebut dilakukan karena warga di sana menilai akan berdampak pada lingkungan serta berpengaruh terhadap perekonomian warga sekitar lokasi reklamasi di Gersik Putih itu.

Waktu itu, dalam aksinya warga memasang banner di lokasi reklamasi. Banner itu bertuliskan “Warga Tolak Pembangunan Tambak”, “Jangan Rampas Ladang Kehidupan Kami”, dan “Reklamasi Sengsarakan Warga”.

Kepala Desa Gersik Putih Mohammad Mohab mengaku pihaknya bersama warga terpaksa menghentikan reklamasi tersebut. Sebab di pantai tersebut merupakan sumber mata pencaharian.

“Pantai ini merupakan sumber penghasilan warga Gersik Putih untuk mencari ikan rajungan dan kerang. Sebab selain berdampak pada lingkungan, reklamasi tersebut juga mengancam perekonomian warga saya yang mayoritas nelayan,” jelas Kades Mohammad Mohab.

Kades Mohammad Mohab menyebutkan jika pembangunan tambak udang yang dilakukan pengusaha lokal tersebut, dengan mereklamasi pantai sangat akan berdampak pada masyarakat dan lingkungan. Sebab lahan yang akan dijadikan tambak udang seluar 15 hektar yang dikerjakan sejak tahun 2010 lalu.

“Pada tahun 2010 sudah dilakukan reklamasi pantai seluas 4 hektar di Dusun Pakerbuy, padahal lokasi tersebut merupakan tempat warga untuk mencari ikan. Dan saat ini kembali lagi dilakukan reklamasi pantai untuk membuat tambak udang. Jangankan memberitahu pada kami, sosialisasi saja tidak pernah dilakukan oleh pengelola,” tandasnya.

Dengan demikian, pihaknya berharap ada tindakan tegas dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep kepada penanggung jawab reklamasi pantai di Desa Gersik Putih. Sehingga, masyarakat tidak di rugikan akibat dampak dari reklamasi tersebut.

“Saya minta Pemerintah bertindak dan menghentikan reklamasi ini, jika tidak maka warga yang akan bertindak sendiri untuk menghentikannya,” harapnya dengan nada geram.

@Rosi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *